Share it

Selasa, 24 Mei 2011

Bahan Ajar Menulis Surat Pribadi

Pengertian
Surat adalah kertas atau yang bertulis. (KBBI,1108;2005). Sedangkan surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (sutar menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik pribadi, bahkan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/kedinasan/resmi. (Trianto, 58;2007). Berdasarkan uraian di atas kita dapat menentukan ciri atu arakteristik surat pribadi, yaitu pemberian dari seseorang kepada orang lain yang tidak terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dalam penulisan surat formal karena surat pribadi sifatnya nonformal.surat pribadi bersifat tidak resmi dan berisi masalah-masalah pribadi.Meskipun bersifat tidak resmi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pribadi, antara lain etika dan sopan-santun berkirim surat. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi tergantung dari orang yang menerima surat. Misalnya, menulis surat kepada guru berbeda bahasanya dengan menulis surat kepada sahabat. Apabila kamu menulis surat kepada guru, sebaiknya menggunakan bahasa baku atau formal. Lain halnya jika kamu menulis surat kepada sahabat, tidak harus menggunakan bahasa baku tetapi dapat memakai bahasa santai atau bahasa yang biasa kamu pakai dalam pergaulan sehari-hari. Seperti surat-surat yang lain, surat pribadi juga mempunyai format atau pola tertentu.


Manfaat menulis surat pribadi
Menulissuratpribadimemilikibanyakmanfaatbaikbagi yang mengirimkan, yang menerimaatau pun kedua-duanya. Paling tidakadatigamanfaat yang bisadiperolehdarikegiatanmenulissurat pribadi, diantaranya :
1. Pesan pribadi Anda sampai pada yang dituju meskipun dalam jarak yang jauh.
2. Memper erat tali persaudaraan.
Surat seringkali menjadi tempat mencurahkan perasaan secara jujur. Biasanya seseorang lebih bisa bersikap jujur dan melalui media tulisan dari pada lisan. Apalagi dengan media tertulis, Anda lebih bisa menata penyampaian perasaan hati. Sebaliknya pembaca surat lebih mampu menafsirkan isi surat dengan baik dari pada menafsirkan kata-kata. Apalagi jika kata-kata itu disampaikan secara emosional. Sehingga secara tidak langsung surat pribadi bisa menjadi media untuk memperbaiki hubungan silaturahmi yang mungkin sempat retak.
3. Sarana latihan menulis yang efektif
Banyak penulis besar yang memberikan kesaksiannya bahwa menulis surat pribadi merupakan sarana latihan awal bagi mereka dalam menulis. Dalam menulis surat pribadi Anda dilatih untuk menyampaikan gagasan dan keinginan dari hati secara jujur.


Ciri-ciri Surat Pribadi
Suratpribadimemilikicirispesifik yang membedakannyadenganjenis surat lain, yaitu:
a) Gaya bahasa yang digunakan sangat personal. Bebas, tidak resmi serta boleh menggunakan bahasa sehari-hari.
b) Tidak ada sistematika penyusunan surat yang baku.
c) Pesan, amanat dan isi surat sangat beragam. Bisa saja lebih dari satu, tergantung mood atau keperluan si pembuat surat.
d) Tidak memerlukan kop surat dan aturan penulisan surat resmi lainnya.


Dari contohtersebut, terlihatpolapenulisansuratpribadi. Polaatau format
tersebutadalahsebagaiberikut.
1. Kota dantanggalsurat.
2. Namadanalamatpenerimaansurat (sering kali tidakdituliskarenabiasanyasudahdicantumkanpadaamplopsurat).
3. Salam pembuka.
4. Paragrafpembuka.
5. Isi surat.
6. Paragrafpenutup.
7. Salam penutup.
8. Namadantandatanganpengirimsurat
(http://www.crayonpedia.org/mw/Penulisan_Surat_Pribadi_7.1)
Contoh Surat Pribadi
Contoh surat pribadi yang sipatnya mengundang


Bandung, 10 Mei 2006

Yungli
Jl. Jendral Sudirman No 123 Aek
Parombunan Sibolga Sumut

Halo, Yung
Saya dengar dari Basuki kamu akan aekolah di Bandung dan sedang sibuk mencari tempat kos. Kalau sempat, singgahlah kerumah. Sebelum kamu dapat tempat yang cocok, kamu juga bisa tinggaldi rumah. Saya sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Beliau oke-oke aja. Bagaimana? Kita bisa main ke Dago lagi bersama-sama.
Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

Sahabatmu,

Dadang

Bagian uraian/kepuasan contoh

Surat memiliki beberapa bagian diantaranay :
1) Kepala surat
2) Pembuka
3) Isi surat
4) Penutup


a. Bagian kepala surat yang terdiri dari alamat pembuat surat, tanggal pembuatan, bulan dan tahun dan peneroma surat. Dalam contoh di atas terdapat pada
Bandung, 10 Mei 2006
Yungli
Jl. Jendral Sudirman No 123 Aek
Parombunan Sibolga Sumut
b. Bagian pembukayang berisikan sapaan atau salam.
Halo, Yungli
c. Isi surat yang berisikan maksud dan tujuan penulisan surat.
Saya dengar dari Basuki kamu akan aekolah di Bandung dan sedang sibuk mencari tempat kos. Kalau sempat, singgahlah kerumah. Sebelum kamu dapat tempat yang cocok, kamu juga bisa tinggaldi rumah. Saya sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Beliau oke-oke aja. Bagaimana? Kita bisa main ke Dago lagi bersama-sama.

d. Bagian yang terakhir adalah penutup yang berisikan harapan jawaban dari undangan.
Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

Sahabatmu,

Dadang

Bagian cara menulis
Langkah-langkah dalam penulian surat pribadi dapat di lakukan denagn cara :
a. Tentukan tema atau jenis surat ayang akan kita tulis
Sebelum kita melakukan penulisan alangkah baiknya kita tentukan jenis surat yang akn kita layangkan.
b. Menentukan kepala surat
Yang didalamnya terdapat alamat yang membuat surat, tanggal, bulan dan tahun pembuatan, serta cantumkan alamat orang yang akan kita kirim.
c. Membuat kata-kata pembuka
Sebelum kedalam pokok masalah atau maksud mengirim surat, kita awali dengan menanyakan kabar yang kita kirim surat.
d. Isi atau maksud penulisan
Dalam paragraf selanjutnya kita tulis maksud mengirim surat dengan kata-kata sehari-hari tentunya agar tanggapan yang menerima surat merasa akrab.

e. Penutup
Setelah selesai menulis maksud atau keperluan, kita tulis paragraf baru yang didalamnya berisikan penutup pembicaraan.

Refleksi
Manfaat menulis surat pribadi sangatlah besar dan akan dihargai oleh yang menerimanya atau yangdi tujukan. Denagn perkembnagan zaman yang sangat pesat sekarang untuk meminta izin, mengundnag, atau memberi selamat cukup dengan menggunakan hp. Seorang siswa yang tidak bisa sekolah karena sakit meminta izin untuk tidak masuk cukup dengan menelepon atu sms kepada guru yang bersangkutan, memang itu tidak salah malah kita memanfaatkan teknologi yang ada agar mempermudah, namun tidah semua yang mudah mengandung makna yang serius ini dalam kontek meminta izin lewat hp. Tapi alangkah baiknya bila siswa mau meminta izin dengan membuat surat karena sifatnya lebih formal dan sopan.

DAFTAR PUSTAKA

KBBI . 2005.Edisi Tiga Jakarta: Balai Puistaka.
Agus,rtianto. 2007.Bahasa Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Esis.
(http://www.crayonpedia.org/mw/Penulisan_Surat_Pribadi_7.1)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar