Selasa, 24 Mei 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMP Karangnunggal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Sumber : VII/1
Alokasi Waktu : 2X40 menit (1Xpertemuan)
Setandar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dalam surat pribadi
Kompetensi Dasar : Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,isi, dan bahasa

I. Tujuam Pembelajaran
a. Siswa mampu memahami teori penulisan surat pribadi
b. Siswa mampu membuat surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
c. Siswa mampu menilai surat pribadi yang dibuat teman, berdasarkan komposisi, isi, dan bahasa yang baik

II. Materi Pokok
Pengertian Surat Pribadi
Surat adalah kertas atau yang bertulis. (KBBI,1108;2005). Sedangkan surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (sutar menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik pribadi, bahkan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/kedinasan/resmi (Trianto, 58;2007).

Ciri-ciri Surat Pribadi
Surat pribadi memiliki ciri spesifik yang membedakannya dengan jenis surat lain, yaitu:
a) Gaya bahasa yang digunakan sangat personal. Bebas, tidak resmi serta boleh menggunakan bahasa sehari-hari.
b) Tidak ada sistematika penyusunan surat yang baku.
c) Pesan, amanat dan isi surat sangat beragam. Bisa saja lebih dari satu, tergantung keperluan si pembuat surat.
d) Tidak memerlukan kop surat dan aturan penulisan surat resmi lainnya.


Dari contoh tersebut, terlihat pola penulisan surat pribadi. Pola atau format
tersebut adalah sebagai berikut.
a. Kota dantanggalsurat.
b. Nama dan alamat penerimaan surat (sering kali tidak ditulis karena biasanya sudah dicantumkan pada amplop surat).
c. Salam pembuka.
d. Paragraf pembuka.
e. Isi surat.
f. Paragraf penutup.
g. Salam penutup.
h. Nama dan tandatangan pengirim surat
(http://www.crayonpedia.org/mw/Penulisan_Surat_Pribadi_7.1)
Langkah-langkah penulisan surat pribadi
a. Tentukan tema atau jenis surat ayang akan kita tulis
b. Menentukan kepala surat
c. Membuat kata-kata pembuka
d. Isi atau maksud penulisan
e. Penutup

III. Metode Pembelajaran
a. Fase 1 : Apersepsi
b. Fase 2 : Pemodelan
c. Fase 3 : Ceramah
d. Fase 4 : Diskusi
e. Fase 5 : Refleksi

IV. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kegiatan Waktu
1 Pendahulan
1. Guru menggali kemudian memotifasi pengetahuan awal murid mengenai surat pribadi (fase:1)
2. Guru menjelaskan momperensi yang akan dicapai dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari (fase:1)
3. Guru mengimformasikan pengertian surat pribadi (fase:3) 20 mnt
Inti
1. Siswa memperhatikan contoh surat pribadi dalam bentuk teks (fase:2)
2. Siswa berdiskusi mengenai cirri-ciri surat pribadi berdasarkan cintoh (fase:4)
3. Guru menilai hasil diskusi dan menghuraikan contoh surat pribadi (fase:2:3)
4. Siswa mendiskusikan langkah-langkah dalam penulisan surat pribadi (fase:4)
5. Secara perorangan siswa membuat surat pribadi kepada teman sekelasnya. 50 mnt
Penutup
1. Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan kegunaan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari 10 mnt


V. Media dan sumber pembelajaan
1. Media pembelajaran
a. Contoh surat pribadi dalam bentuk teks
2. Sumber pembelajaran
a. Websate
b. KBBI

VI. Penilaian
Bentuk dan jenis penilaian
Indikator Teknik Bentuk Instrument
Memahami teori penulisan surat pribadi Tes Tes tulis Siswa menuliskan teoro-teori (contoh, langkah) membuat surat pribadi
Mampu membuat surat pribadi dengan memperhatiakn komposisi, isi, dan bahasa Tes Tes tulis Siswa membuat surat pribadi yang ditujukan kepada teman sekelas
Mampu menilai surat pribadi yang dibuat teman, berdasarkan komposisi, isi, dan bahas ayang baik Tes Tes tulis Siswa menilai surat yang dibuat teman dengan memperhatikan kaidah surat pribadi



Mengetahua Karangnunggal,26 Maret 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



Dianira cyika S.Pd Ahmad Halwani S.Pd
NIP: NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar